Cara Memperpendek Link

3 min read

bagaimana cara memperpendek link

Cara Memperpendek Link – Sebagai pengguna media sosial tentu kalian pernah menemui suatu link yang panjang dan tidak rapi. Panjangnya link tersebut membuat tidak sedikit audiens (penerima) bingung dan cenderung tidak menarik.

Tidak hanya kita sebagai penerima, mayoritas pengguna media sosial pasti pernah bertindak sebagai pengirim link – link tersebut.

Link yang panjang dan tidak rapi tentu memakan tempat dan terkesan berantakan serta susah dibaca, bukan?. Namun kini tak perlu khawatir, karena kalian dapat memperpendek link dari berbagai situs Short Url atau link shortener yang tersedia.

Melalui situs Short Url ini, maka url atau link yang kalian buat dapat lebih rapi dan disegani. Daripada penasaran, simak cara memperpendek link berikut ini!

Cara Memperpendek Link

Perlu diketaui, beberapa layanan situs memperpendek url ini ada yang tersedia gratis (free) dan tersedia pula paket berbayar nan lengkap.

Tak tanggung-tanggung, situs dengan paket lengkap serta berbayar tersebut sangat menunjang untuk keperluan bisnis serta akademis ya guys!

1. Bitly

cara memperpendek link gratisRekomendasi situs pertama untuk memperpendek link adalah Bitly.

Bitly dikenal sebagai situs terbaik yang banyak dipakai oleh para pebisnis online. Dengan link url yang rapi dan pendek, diharapkan bermanfaat agar konsumen dapat dengan mudah saat akan menghubungi owner.

Sedang pada bidang akademik, Bitly sering dipakai sebagai cara memperpendek link Google Form pada audiens saat mengirimkan link terkait pretest, kuesioner dan lain sebagainya.

Simak berikut ini untuk cara memperpendek link di Bitly :

  • Siapkan dan Copy terlebih dahulu link yang akan diperpendek
  • Kemudian kunjungi situs Bitly. Selanjutnya akan tampil halaman utama yang menyediakan kolom.
  • Lalu Paste link pada kolom yang tersedia.
  • Tunggu beberapa saat, hingga link selesai diproses menjadi pendek secara otomatis
  • Done!

Bagusnya, kalian juga dapat membuat link custom nama sesuai keinginan. Berikut lebih jelasnya :

  • Silakan Log In situs Bitly terlebih dahulu menggunakan email atau akun media sosial.
  • Apabila sudah log in, kalian dapat membuat customisasi alamat url dengan tulisan sesuai keinginan yang
  • ditambahkan setelah kata ‘Bit.ly’
  • Pastikan nama url atau link tersebut belum pernah ada yang menggunakannya.
  • Apabila sudah selelesai, silakan Copy dan share ke teman-teman, konsumen atau pengguna sosial media.
  • Done!

2. TinyURL

cara memperpendek link google drive

Berikutnya, manfaatkan situs TinyURL yang merupakan pelopor situr short URL. Menggunakan TinyURL adalah cara memperpendek link tanpa aplikasi yang mulai tahun 2002 hingga sekarang masih berfungsi dengan sangat baik.

Apabila memakai TinyURL, short link yang kalian dapat tidak akan pernah kadaluarsa, jadi selama link tersebut dapat dipakai.

Tak berbeda jauh dari Bitly, cara penggunaannya kalian cukup copy link panjang lalu paste pada kolom yang tersedia pada situs TinyURL and done!

Jika kalian mencari cara memperpendek link gratis, TinyURL cocok untuk dicoba ya guys!

3. BL.INK

cara memperpendek link online

BL.INK sebagai situs cara memperpendek link online menyematkan fitur lengkap dengan dashboard yang user friendly.

Melalui situs BL.INK kalian dapat custom nama link dan melacak lokasi pengguna link (orang yang mengklik), dengan perangkat apa yang digunakan sampai bahasa mereka.

Bagusnya, BL.INK memiliki solusi bagi para pebisnis pemula dapat mencoba versi gratis BL.INK yang menyediakan semua fitur yang mereka punya. Namun, hanya terbatas untuk satu pengguna dan 1000 klik per link.

Sedang apabila membutuhkan lebih banyak pengunjung silakan upgrade ke paket berbayar mulai dari $12 per bulan.

Tak sampai disitu, tersedia fitur Smart Link yang berfungsi memudahkan pelanggan BL.INK guna membuat link berdasarkan keyword yang sedang populer.

Tentu menguntungkan sekali, bukan? Hal tersebut bakal menarik trafik pengunjung lebih banyak dan menaikkan conversion rate.

4. Ow.ly

bitly memperpendek link

Selanjutnya ada Ow.ly yang tak ketinggalan sebagai link shortener dimana kepopulerannya sudah tidak diragukan lagi.

Perlu diketahui, bahwa Ow.ly merupakan bagian dari HootSuite yakni sebuah layanan manajemen konten media sosial yang terintegrasi oleh platform besar seperti Twitter, Facebook hingga LinkedIn.

Jadi cukup direkomendasikan, bukan?

5. Rebrandly

cara memperpendek link google form

Melalui situs Rebrandly, kalian juga bisa dengan mudah mengkustomisasi URL dengan nama brand atau dengan nama yang sesuai dengan apa yang diinginkan.

Bagusnya, cara memperdek link melalui Rebrandly ini kalian dapat mengatur kadaluarsa link, analytics hingga mengubah short URL menjadi QR Code dan segudang fitur menarik lainnya dimana dapat menunjang bisnis.

Hanya saja, guna mengaktifkan semua fitur tersebut diperlukan berlangganan mulai dari $29 per bulan.

6. T2M

cara memperpendek link gratis

Cara memperpendek link menggunakan T2M seperti mendapatkan jackpot. Bagaimana tidak? T2M menjadi situs link shortener dengan paket lengkap.

Kalian dapat secara gratis menggunakan T2M guna memperpendek link tanpa batasan jumlah. Selain itu melalui T2M dapat pula mengetahui perkembangan statistic traffic link dan mengubah short URL menjadi QR Code.

Nah, sedang jika kalian ingin menggunakan fitur terbaik lainnya, silakan aktifkan paket berbayar sesuai kebutuhan.

7. AdFly

cara memperpendek url bitly

Terakhir, AdFly merupakan situs short URL yang dapat sekaligus menghasilkan uang. Bingung bagaimana bisa?

Hasil short URL yang kalian buat melalui AdFly, yang kemudian diklik oleh pengguna akan langsung dibayar oleh pihak AdFly. Uang yang terkumpul dari setiap kliknya akan dibayarkan melalui sistem PayPal.

Bagusnya, kalian dapat memantau statistic traffic link yang dibuat dengan mendaftarkannya di AdFly. Gimana terterik?

Oke guys, demikian cara memperpendek link menggunakan situr link shortener atau short URL yang direkomendasikan.

Banyak sekali manfaat yang dapat kalian peroleh dari link yang sebelumnya panjang menjadi singkat padat dan pendek tentunya. Terlebih jika kalian dari pihak Marketing akan sangat membantu sekali untuk menarik peminat atau audiens.

Apalagi banyak situs yang menyediakan fitur custom  sesuai keinginan. Pasti sangat dibutuhkan jika membutuhkan brand sendiri untuk menamai short URL-nya.

Demikian semoga bermanfaat ya guys. Jangan lupa share dan komen situs mana yang jadi favorit kamu!

Cara Hack FB (Facebook)

seologs
2 min read

Situs Download Film

seologs
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.